tips_beli_mobil_bekas
May 29

Tips dan Kiat Membeli Mobil Bekas

Posted in Jual-Beli Mobil

Kebanyakan orang berkeinginan untuk memiliki sebuah mobil baru yang diperlukan untuk memperlancar dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Tetapi mengingat harga mobil baru yang masih selangit, sedangkan kantong kita masih belum menjangkau harga mobil baru yang kita inginkan.

Maka membeli mobil bekas adalah salah satu solusi yang mungkin dapat kita tempuh. Namun demikian membeli mobil bekas tidaklah mudah dan diperlukan kecermatan. Sering terjadi apabila membeli mobil bekas bukannya dapat memperlancar kegiatan Anda, malah menjadi merepotkan anda.

Sering sekali mobil bekas yang Anda beli memiliki kondisi yang parah walaupun terlihat masih baik, sehingga kondisi tersebut akan menggerogoti kantong Anda untuk pengeluaran biaya tambahan guna perbaikan yang tidak sedikit. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan Anda tidak tahu kiat beli mobil bekas.

Bagi anda, ini beberapa kiat membeli mobil bekas agar anda tidak akan kecewa:

  1. Menentukan jenis dan tahun mobil yang akan Anda beli disesuaikan dengan anggaran dana Anda.
  2. Survei dan melakukan perbandingan harga serta kondisi kendaraan. Apabila ada dua lokasi menjual mobil dengan jenis dan tahun yang sama maka lakukan perbandingan terhadap keduanya.
  3. Memeriksa kondisi mesin. Mesin merupakan salah satu hal vital pada kendaraan, lakukan pemeriksaan mesin dengan cara menyalakan mesin dan mencoba pedal gas perlahan, apabila getaran mesin masih halus dan ringan menandakan bahwa mesin masih dalam kondisi baik. Periksa juga lubang knalpot apakah mengeluarkan asap tebal dan terdapat sisa hangus hitam menandakan kondisi mesin tidak baik karena oli masuk keruang pembakaran. Jika Anda kurang yakin dengn kemampuan Anda untuk mengecek mesin, Anda dapat meminta bantuan seseorang yang menurut Anda ahli dalam mesin mobil.
  4. Memeriksa kondisi cat dan body mobil dan rangka. Periksalah keadaan body mobil apakah ada bekas tertabrak, karat dan keropos. Kemudian cek keadaan rangka apakah masih kokoh.
  5. Memeriksa utillity yang meliputi sistem kemudi, sistem rem dan suspensi. Periksalah apakah sistem kemudi, rem dan suspensi masih berfungsi baik dengan cara mencoba masing-masing fungsinya.
  6. Memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen kendaraan. Meliputi BPKB, STNK dan lain sebagainya.

Memang tidak bisa terlalu banyak berharap, ketika Anda membeli mobil bekas akan mendapatkan kondisi mobil yang 100% prima seperti layaknya mobil baru.

Akan tetapi jika Anda melakukan kiat membeli mobil bekas yang telah diuraikan di atas, yang termasuk pula hal tentang kiat memilih mobil bekas, maka Anda akan terhindar dari kekecewaan setelah membeli mobil bekas pilihan Anda.

comments: 0 » tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>